Kisah Abadi: Mengenal 5 Varian Ikonik Toyota Supra

5 Varian Ikonik Toyota Supra
Toyota Supra telah menjadi ikon abadi di dunia otomotif, dan evolusinya selama bertahun-tahun sungguh menakjubkan. Pada artikel kali ini, kita akan mendalami kekayaan sejarah Toyota Supra dengan mengeksplorasi lima varian ikonik mulai dari generasi pertama hingga saat ini. 

Dari desain ramping model A40/A50 generasi pertama hingga model A80 generasi keempat yang legendaris, setiap versi Supra telah meninggalkan dampak jangka panjang baik pada pasar mobil sport maupun para penggemarnya. 

Secretdriver.com mengajak anda melihat lebih dekat evolusi Toyota Supra dan temukan fitur unik yang menjadikannya mobil klasik yang dicintai selama bertahun-tahun. Toyota Supra telah menjadi ikon bagi Toyota dan dunia otomotif. Telah mengalami empat kali perubahan generasi hingga saat ini.

Toyota Supra Generasi Pertama (1978-1981)

Toyota Supra Generasi Pertama, juga dikenal sebagai Celica-Supra, memulai debutnya dari tahun 1978 hingga 1981 dan dengan cepat mendapatkan reputasi karena desainnya yang ramping dan performa yang mengesankan. 

Ditenagai mesin 2.800cc inline-six, mobil sport ikonik ini tersedia dalam tiga varian: M bermesin 2.000cc, 4M bermesin 2.600cc, dan 5M bermesin 2.800cc bertenaga. Desain Supra mirip dengan pendahulunya, Celica, namun dengan tampilan yang lebih berotot dan sporty. Dengan perpaduan gaya, tenaga, dan kehandalan, Toyota Supra Generasi Pertama tetap menjadi pilihan klasik bagi para peminat dan kolektor.

Toyota Supra Generasi Kedua (1982-1986)

Toyota Supra Generasi Kedua yang diproduksi tahun 1982 hingga 1986 terus menjadi mobil klasik yang digandrungi para pecinta otomotif. Model ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya, termasuk desain yang lebih ramping, opsi mesin yang lebih bertenaga, dan kemampuan penanganan yang ditingkatkan. 

Toyota Supra generasi kedua memiliki desain yang lebih modern dan sporty. Mobil ini memiliki mesin yang lebih bertenaga, yaitu mesin 2.800 cc inline-six dengan tenaga 145 hp. Supra generasi kedua tersedia dalam dua varian, yaitu L-type dan Performance, memberikan performa yang mengesankan pada masanya. 

Lampu depan pop-up yang ikonik dan gaya sporty menjadikannya barang koleksi yang banyak dicari. Supra Generasi Kedua tetap menjadi bukti abadi komitmen Toyota dalam memproduksi kendaraan berkualitas tinggi yang mengutamakan performa.

Toyota Supra Generasi Ketiga (1986-1992)

Toyota Supra Generasi Ketiga, diproduksi dari tahun 1986 hingga 1992, secara luas dianggap sebagai mobil sport klasik yang membantu menjadikan Toyota sebagai pemain serius di pasar mobil performa. 

Menampilkan desain yang ramping dan aerodinamis, Supra generasi ketiga ditenagai oleh serangkaian mesin. Mobil ini memiliki desain yang lebih agresif dan mesin yang lebih bertenaga, yaitu mesin 3.000 cc inline-six dengan tenaga 220 hp. Supra generasi ketiga tersedia dalam dua varian, yaitu Turbo A dan Turbo S.

Handling Supra yang luar biasa dan performa bertenaga menjadikannya favorit di kalangan penggemar mobil dan tuner. Dengan lampu depan pop-up yang ikonik dan garis bodi yang khas, Supra generasi ketiga tetap menjadi incaran para penggemar mobil sport Jepang untuk dikoleksi. 

Toyota Supra generasi ketiga merupakan generasi yang paling sukses dari Supra. Dengan reputasi keandalan dan teknik yang kokoh, Toyota Supra Generasi Ketiga terus mempertahankan posisinya di dunia mobil sport klasik. 

Toyota Supra Generasi Keempat (1993-2002)

Toyota Supra Generasi Keempat yang diproduksi pada tahun 1993 hingga 2002 secara luas dianggap sebagai salah satu mobil sport paling ikonik pada masanya. Dikenal karena desainnya yang ramping, performa bertenaga, dan mesin 2JZ yang legendaris, Supra dengan cepat mendapatkan banyak pengikut di kalangan penggemar mobil. 

Toyota Supra generasi keempat memiliki desain yang lebih besar dan mewah. Mobil ini memiliki mesin yang lebih bertenaga, yaitu mesin 3.000 cc inline-six twin-turbo dengan tenaga 320 hp. Supra generasi keempat tersedia dalam dua varian, yaitu Turbo A dan Turbo S.

Dengan mesin enam silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga hingga 320 tenaga kuda, Supra mampu berakselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam waktu kurang dari 5 detik. 

Penanganannya yang canggih dan kemudi yang presisi menjadikannya favorit di kalangan pembalap jalanan dan penggemar lintasan. Desain Supra yang tak lekang oleh waktu dan performa yang mengesankan terus menjadikannya kendaraan yang dicari para kolektor dan peminat hingga saat ini.

Toyota Supra Generasi Kelima (2019-sekarang)

Toyota Supra Generasi Kelima yang dirilis pada tahun 2019 ini merupakan salah satu mobil sport yang sangat dinantikan dan menyita perhatian para pecinta otomotif di seluruh dunia. Model terbaru ini memberi penghormatan kepada pendahulunya dengan tetap memasukkan teknologi modern dan elemen desain. 

Mobil ini dibangun dengan kerjasama antara Toyota dan BMW. Supra generasi kelima memiliki desain yang lebih modern dan sporty. Mobil ini menggunakan mesin 3.000 cc inline-six twin-turbo dengan tenaga 335 hp, memungkinkan akselerasi dan performa yang luar biasa. 

Eksterior Supra yang ramping menampilkan atap double-bubble yang khas dan fasia depan yang agresif, memberikan tampilan yang unik dan sporty. Dengan sasis yang sangat seimbang dan kemudi yang presisi.

Toyota Supra Generasi Kelima menghadirkan pengalaman berkendara yang mendebarkan baik di jalan raya maupun lintasan. Secara keseluruhan, Supra 2019 memadukan warisan budaya dengan inovasi untuk menciptakan mobil sport luar biasa yang sesuai dengan nama legendarisnya.

 Toyota Supra vs Kompetitor

Toyota Supra kerap dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya, seperti BMW Z4 dan Porsche 718 Cayman. Meskipun ketiga mobil sport ini menawarkan performa dan handling yang mengesankan, masing-masing memiliki kekuatan uniknya sendiri. 

Toyota Supra, yang terkenal dengan desainnya yang ramping dan mesin yang bertenaga, sering dipuji karena harganya yang terjangkau dibandingkan kompetitornya. Di sisi lain, BMW Z4 menonjol karena interiornya yang mewah dan pengendaraan yang mulus, sehingga menarik bagi pengemudi yang mencari pengalaman berkendara yang lebih nyaman. 

Porsche 718 Cayman, yang dikenal karena penanganannya yang presisi dan nuansa kelas atas, adalah favorit di antara para penggemar yang mencari performa terbaik. Pada akhirnya, memilih di antara ketiga mobil sport ini akan tergantung pada preferensi dan prioritas pribadi, apakah itu kecepatan, kenyamanan, atau gaya.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Toyota Supra telah menjadi ikon bagi Toyota dan dunia otomotif. Mobil ini telah mengalami empat kali perubahan generasi hingga saat ini. Setiap generasi memiliki desain dan spesifikasi yang berbeda-beda, namun semuanya memiliki satu kesamaan, yaitu performa yang luar biasa.

Post a Comment for "Kisah Abadi: Mengenal 5 Varian Ikonik Toyota Supra"